Visi, Misi dan Tujuan

Visi merupakan cara pandang jauh kedepan kemana dan bagaimana suatu pemerintah harus dibawa dan berkarya agar dapat eksis, antisipatif dan inovatif serta produktif. Visi Kecamatan Gandusari merupakan gambaran kondisi ideal yang diinginkan stakeholder dengan berlandaskan pada gambaran aspiratif, inspiratif, potensi dan hasil dimasa depan yang terbaik, yang dapat dicapai oleh stakeholders Kecamatan Gandusari.

Rumusan Visi Kecamatan Gandusari yaitu :

“Terwujudnya Pelayanan Prima Kecamatan Gandusari melalui Pengembangan Sumber Daya secara Optimal”

Visi diatas mengandung pengertian :

1.Pelayanan Prima adalah suatu bentuk layanan yang memberikan kepuasan bagi pelanggannya, selalu dekat dengan pelanggannya, sehingga kesan yang menyenangkan senantiasa diingat oleh para pelanggannya terhadap semua kebutuhan.

2. Pengembangan adalah peningkatan, baik Kualitas ataupun kuantitas.

3.Sumberdaya adalah segala sesuatu, baik wujud ataupun tidak berwujud yang dapat digunakan untuk mencapai hasil guna memenuhi kebutuhan hidup.

4.Optimal adalah peningkatan sesuatu sesuai kemampuan dengan mempertimbangkan pemanfaatan sesuai kebutuhan.   

Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan, maka perlu dirumuskan misi yang jelas dengan mengacu kepada visi tersebut. Pernyataan misi merupakan jembatan untuk mecapai suatu tujuan, sehingga secara eksplisit menyatakan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai serta langkah strategis apa yang harus dilaksanakan dalam pencapaian hal tersebut. Misi Kecamatan Gandusari adalah suatu yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan agar visinya dapat terwujud dan terlaksana dengan baik. Dengan pernyataan misi tersebut, maka stakeholder dapat mengenal Kecamatan Gandusari dan mengetahui peran dan program-program serta hasil-hasil yang akan diperoleh dimasa mendatang

Misi Kecamatan Gandusari terjabarkan sebagai berikut :

1. Mewujudkan kehidupan masyarakat yang rukun dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama.

2. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia .

3. Mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan Kecamatan yang akuntable.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Sosial  masyarakat.

 

 

4.2. TUJUAN DAN SASARAN JANGKA MENENGAH

Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi. Penerapan tujuan dalam perencanaan strategik didasarkan pada faktor-faktor kunci keberhasilan (Critical Succes Factor) yang diperoleh dari proses analisa lingkungan dimana dilakukan setelah penerapan visi dan misi..

Adapun tujuan didalam Perencanaan Srategik Kecamatan Gandusari atas dasar faktor kunci keberhasilan adalah sebagai berikut :

1.  Meningkatnya Ketentraman dan Ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat.

2.  Meningkatnya kemampuan dan pengetahuan Aparatur pemerintah dan masyarakat kecamatan Gandusari

3.  Meningkatnya Pelayanan terhadap Pemerintah Desa dan Masyarakat.

4.  Meningkatnya pertanian agribisnis, usaha peternakan, perikanan darat dan pertambangan serta industri kecil.

Add a comment
TOP